Senin, 14 Desember 2015

Practical Maintenance Aircraft

Okay here we go. Kali ini Puri mau berbagi pengalaman kepada readers tentang keseruan dan apa aja ilmu yang didapat selama praktek di GMF AeroAsia - SoekarnoHatta, Tangerang.

Well, sebelumnya kenapa praktek disana? Karena kewajiban sebagai siswa BAM (Basic Aircraft Maintenance) adalah memenuhi standar kecakapan berdasarkan SOC & OJT Guide. Kita langsung terjun ke lapangan, berhubungan langsung dengan pesawat juga tentunya.


Nah seperti itulah outfit setiap kali praktek. Menggunakan wearpack dengan tampang yang sedikit agak songong berusaha agar terlihat kuat. Berhubung lokasi praktek yang cukup jauh dari asrama di Jakarta Timur alias dari ujung ke ujung, setiap harinya kami berangkat sebelum sunrise dan pulang setelah sunset. Menggunakan bus yang setia tiap harinya mengantar dan menunggu.


(Suasana dalam bus kelas AMTO-B)

Lanjut ke topik utama kita tentang praktek, apa saja yang kami lakukan disana? Mohon maaf sebelumnya Puri tidak bisa menjabarkan secara rinci karena aktivitas yang kami lakukan disana sangat banyak dan lelah juga mengetik panjang tengah malam begini. Moment yang sangat tidak terlupakan pada saat practical di pesawat DC-9.


Nah seru kan kelihatannya mengutak-atik pesawat DC-9. Pesawat "tua" ini terletak di Hangar 2 GMF. Tapi jangan salah, tua-tua begitu pesawat ini masih bisa difungsikan dengan baik lho.


(Puri nya lagi urus nose gear DC-9)


(Puri nya lagi jadi kenek DC-9)

Lho kok kenek haha ini bukan angkot. Iseng aja foto-foto waktu lagi break atau sebelum apel pagi praktek. Terlalu banyak foto yang diambil selagi praktek jadi ga bisa di share semuanya, mungkin bisa mampir ke instagram saya @purald (username bisa berganti sewaktu-waktu).

Tidak hanya di DC-9 kami juga melakukan praktek di workshop seperti heat treatment (engine), penetrant, cleaning & degreasing landing gear wheel tire, dan masih banyak lagi.


(Salah satu kerjaan di penetrant, tulisannya terlihat bila dibawah sinar berwarna ungu/UV)


(Keseruan bersama classmates AMTO-B di EngineShop)

Ada juga practical yang kami lakukan di Learning Service. Practical yang dilakukan disini lebih kearah akademis seperti pengukuran menggunakan Inside/Outside Micrometer, Vernier Caliper, Torque, Locking Wire & Cotter Pin, Searching Document, etc.


Nah ini salah satu moment nyebelin tapi ngangenin. Setiap ada kesalahan, atau kurang presisi, atau tidak sesuai ketentuan kita kena poin yang tercatat di buku dosa. Hahaha hukumannya ya push-up.

Tidak hanya praktek yang kami lakukan disana, kelas kami juga mendapat kesempatan menjadi petugas upacara hari senin.


(Dari kiri-kanan: Komandan Upacara, Protokol, Pengibar Bendera)

Masih banyak keseruan, ilmu, serta pengalaman yang didapatkan selama praktek di GMF namun apadaya saya belum sanggup untuk menumpahkan semua di blog yang tidak seberapa ini. Nanti kalau ada hal-hal seru lainnya, pasti Puri bagi ke semuanya kok. Cheers!




Best regard,
purald


Tidak ada komentar:

Posting Komentar